Cite This        Tampung        Export Record
Judul Humanisme dan humaniora : relevansinya bagi pendidikan / editor, Bambang Sugiharto
Pengarang Bambang Sugiharto ((penulis))
EDISI Cetakan I, April 2018
Penerbitan Yogyakarta : Jalasutra, 2018
Deskripsi Fisik xxii, 394 halaman ;21 cm
Konten teks
Media tanpa perantara
Penyimpan Media volume
ISBN 978-602-8252-02-6
Subjek Humanisme
Abstrak Humanisme? Apakah yang masih tersisa dari isu yang telah silam ini? Memang, bicara ihwal humanisme kini terdengar anakronistik, kedaluwarsa, ketinggalan jaman. Dalam kerangka berpikir postmodern hari ini, humanisme dianggap bagian dari megaproyek modernisasi yang kendati awalnya berambisi besar meniupkan gelombang humanisasi, dalam perkembangannya toh berakhir dengan proses de-humanisasi yang parah dan berskala global. Maka orang pun beramai-ramai melancarkan serangan dari berbagai sisi terhadapnya. Anehnya, jika kita amati lebih cermat, berbagai serangan terhadap humanisme itu umumnya secara implisit mengandung asumsi-asumsi dasar yang sebetulnya bersifat humanistik juga. Dari sana terlihat bahwa sebagai asumsi dasar umum agaknya humanisme adalah semacam premis tak terelakkan dari humanitas itu sendiri, keniscayaan kodrati yang tak pernah mati, artikulasi dasar kesadaran harga diri. Dan premis itu akan senantiasa muncul kembali terutama di saat-saat kemanusiaan sedang dikebiri atau dalam situasi serba tak pa
Catatan Termasuk bibliografi
Isi : Humanisme Yunani klasik dan abad pertengahan / Bartolomeus Samho
Humanisme renaisans / Stefanus Djunatan
Humanisme sekular / Johanes P. Wisok
Humanisme ateistik / Darius Djehanih
Humanisme teistik : eksistensialisme / Andreas Doweng Bolo
Humanisme dan agama / Hendrikus Endar S.
Humanisme : agama alternatif? / Antonius Subianto B.
Anti-humanisme / Sylvester Kanisius Laku
Humanisme dan peradaban global / Damianus J. Hali
Humanisme dan reformulasi praksis pendidikan / Laurentius Tarpin
Humanisme dan pendidikan bagi masa depan / Bambang Sugiharto
Indeks
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Umum

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00000222863 144 HUM Dapat dipinjam Perpustakaan Bung Karno - Layanan Koleksi Umum Tersedia
00000222864 144 HUM Dapat dipinjam Perpustakaan Bung Karno - Layanan Koleksi Umum Tersedia
00000222865 144 HUM Baca di tempat Perpustakaan Bung Karno - Layanan Koleksi Pusling Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000885407
005 20200425115859
006 a g a 001 0
007 ta
008 190320s2018 yoi g a 001 0 ind
020 # # $a 978-602-8252-02-6
035 # # $a 0010-0420001857
040 # # $a JIPUPBK$b ind$e rda
082 0 4 $a 144$2 [23]
084 # # $a 144 HUM
090 # # $a 144 HUM
245 1 0 $a Humanisme dan humaniora : $b relevansinya bagi pendidikan /$c editor, Bambang Sugiharto
250 # # $a Cetakan I, April 2018
264 # 1 $a Yogyakarta :$b Jalasutra,$c 2018
300 # # $a xxii, 394 halaman ; $c 21 cm
336 # # $a teks$2 rdacontent
337 # # $a tanpa perantara$2 rdamedia
338 # # $a volume$2 rdacarrier
500 # # $a Indeks
504 # # $a Termasuk bibliografi
505 0 # $a Isi : Humanisme Yunani klasik dan abad pertengahan / Bartolomeus Samho -- Humanisme renaisans / Stefanus Djunatan -- Humanisme sekular / Johanes P. Wisok -- Humanisme ateistik / Darius Djehanih -- Humanisme teistik : eksistensialisme / Andreas Doweng Bolo -- Humanisme dan agama / Hendrikus Endar S. -- Humanisme : agama alternatif? / Antonius Subianto B. -- Anti-humanisme / Sylvester Kanisius Laku -- Humanisme dan peradaban global / Damianus J. Hali -- Humanisme dan reformulasi praksis pendidikan / Laurentius Tarpin -- Humanisme dan pendidikan bagi masa depan / Bambang Sugiharto
520 # # $a Humanisme? Apakah yang masih tersisa dari isu yang telah silam ini? Memang, bicara ihwal humanisme kini terdengar anakronistik, kedaluwarsa, ketinggalan jaman. Dalam kerangka berpikir postmodern hari ini, humanisme dianggap bagian dari megaproyek modernisasi yang kendati awalnya berambisi besar meniupkan gelombang humanisasi, dalam perkembangannya toh berakhir dengan proses de-humanisasi yang parah dan berskala global. Maka orang pun beramai-ramai melancarkan serangan dari berbagai sisi terhadapnya. Anehnya, jika kita amati lebih cermat, berbagai serangan terhadap humanisme itu umumnya secara implisit mengandung asumsi-asumsi dasar yang sebetulnya bersifat humanistik juga. Dari sana terlihat bahwa sebagai asumsi dasar umum agaknya humanisme adalah semacam premis tak terelakkan dari humanitas itu sendiri, keniscayaan kodrati yang tak pernah mati, artikulasi dasar kesadaran harga diri. Dan premis itu akan senantiasa muncul kembali terutama di saat-saat kemanusiaan sedang dikebiri atau dalam situasi serba tak pasti akibat masa transisi, seperti di Indonesia ini. Buku ini adalah upaya pelacakan kembali gerakan humanisme dari akar awalnya, lantas mencoba melukiskan ambiguitas perkembangannya dan akhirnya mendudukkan dimana ia masih relevan, terutama dalam kaitannya dengan pendidikan bagi masa depan.
650 # 4 $a Humanisme
700 0 # $a Bambang Sugiharto$e (penulis)$t Humanisme dan pendidikan bagi masa depan
850 # # $a JIPUPBK
990 # # $a 28723/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28723/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28723/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28723/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28723/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28724/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28724/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28724/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28724/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28724/PBK/H/KU/2019
990 # # $a 28725/PBK/H/PK/2019
990 # # $a 28725/PBK/H/PK/2019
990 # # $a 28725/PBK/H/PK/2019
990 # # $a 28725/PBK/H/PK/2019
990 # # $a 28725/PBK/H/PK/2019
Content Unduh katalog